Friday, March 9, 2012

Gerakan Stop Kony 2012. Apa itu Kony???

LOS ANGELES, (PRLM) - Dalam tiga hari terakhir ini jejaring media sosial seperti Twitter, Facebook, dan YouTube diramaikan oleh hashtag #Kony2012 dan #stopkonny. Bahkan video "Kony 2012" di YouTube telah ditonton hampir 50 juta orang. Ini sungguh pencapaian luar biasa. Hanya dalam empat hari sejak Selasa lalu, nama Kony menjadi begitu populer.

Lalu siapa itu Kony? seperti dilaporkan Yahoo News, Jumat (9/3), Kony yang nama lengkapnya Joseph Kony adalah penjahat perang asal Uganda yang pada tahun 1987-2002 melakukan penculikan sekitar 30.000 anak untuk dijadikan sebagai tentara anak. Sebagian diantara mereka ini juga mengalami tindakan pelecehan seksual.

Adalah Jason Russell yang memiliki ide awal untuk menyuarakan isu soal kekejaman Kony . Bekerja sama dengan LSM Invisible Children yang berbasis di California, Amerika Serikat, dia beserta rekannya, Bobby Bailey dan Laren Poole, yang ketiganya saat mahasiswa tahun 2003 lalu, pernah berkunjung ke Uganda, membuat video "Kony 2012" untuk mengungkap kejahatan pemimpin gerakan pemberontakan Uganda itu.


'Kony 2012' adalah sebuah film dan kampanye yang dilakukan Invisible Children yang bertujuan untuk membuat Joseph Kony terkenal, bukan untuk memujanya, namun untuk menggalang bantuan atas penangkapannya dan menjadi teladan keadilan internasional," tulis sebuah pesan di situs Kony 2012.
Kony dikabarkan menculik dan memaksa sekitar 66.000 anak untuk berjuang dengan LRA sejak pemberontakan yang dimulai pada tahun 1986, menggunakan perempuan sebagai budak seks dan memaksa anak-anak terlibat dalam kekerasan dengan menjadi tentara anak-anak.



No comments:

Post a Comment